Minggu, 03 Agustus 2014

Sejarah Sepak Bola

Sepak Bola merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari di dunia. Bahkan sepak bola sekarang ini bukan hanya merupakan olahraga semata tetapi sudah menjadi tempat bisnis yang menjanjikan. Pasti kalian punya pertanyaan di kepala kalian tentang sepak bola, bagaimana sih asal mula terjadinya olahraga yang paling digemari ini kan ?? Mungkin saya akan menjawabnya. Ada yang menyebutkan bahwa sepak bola itu berasal dari Inggris, tapi Seorang pakar sejarah sepak bola misalnya, Bill Muray, menuliskan sebuah buku The World Game: A History of Soccer mengatakan bahwa sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi, orang-orang di era Mesir Kuno telah mengenal permainan ini dengan cara membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen. Kemudian, dalam sejarah Yunani Purba mencatatkan juga terdapat sebuah permainan yang disebut Episcuro (permainan dengan menggunakan bola) sebutan mereka untuk permainan sepak bola ini terbukti dari gambar relief pada dinding museum yang mengisahkan tentang seorang anak muda yang sedang memegang bola bulat dan memainkannya dengan pahanya. Terdapat juga sebuah versi sejarah kuno tentang asal muasal sepak bola lainnya yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, sejak abad ke 8, masyarakat Jepang menyebutnya dengan sebutan Kemari (bola yang digunakan terbuat dari kulit kijang yang ditengah-tengahnya terdapat lubang yang berisi udara).
Sesungguhnya sepak bola memang telah ditemukan sejak 3000 tahun yang lalu di berbagai pelosok dunia namun dalam bentuk yang berbeda-beda. Jika kelahiran sepak bola modern memang pertama kalinya lahir di Inggris yang biasanya di gunakan sebagai olahraga ‘perang’ yang terjadi pada tahun 1863 pada sebuah pertemuan di Freemason’s Tavern, kemudian dibentuklah sebuah asosiasi sepak bola Inggris yang bernama Football Association (FA) yang hingga saat ini berfungsi untuk membuat aturan-aturan yang sah dalam olahraga sepak bola sehingga olahraga ini menjadi menarik dan sangat digemari berbagai kalangan dan selanjutnya pada tahun 1886 dibentuk lagi sebuah asosiasi untuk mengeluarkan peraturan sepak bola modern seluruh dunia yang disebut International Football Association Board (IFAB) seperti dikutip dalam sebuah situs shalimow.com.
Adapun Federasi yang mengatur segala urusan tentang sepak bola di dunia yaitu FIFA (
Fédération Internationale de Football Association). FIFA didirikan di Paris pada 21 Mei 1904, dengan presiden pertama Robert Guérin yang menjabat selama dua tahun yaitu dari tahun 1904-1906. Kantor pusat FIFA terletak 
di Zurich, Swiss. Dan FIFA membawahi Asosiasi-asosiasi di tiap kawasan seperti AFC (Asia), CAF (Afrika), CONMEBOL (Amerika Selatan), CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia), OFC (Oceania), UEFA (Eropa).
Adapun asosiasi yang mengatur persepakbolaan di tiap negara tetapi tetap menginduk ke FIFA. Contohnya PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awalPersatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan AFC pada tahun 1954 PSSI menggelar kompetisi Liga Indonesia setiap tahunnya, dan sejak tahun 2005, diadakan pula Piala Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar